Pemkab Kubu Raya Dorong Anak-Anak Usia Dini Dan Ibu Hamil Gemar Makan Ikan

191

Kubu Raya, Diskominfo – Kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) kabupaten kubu Raya di hadiri oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita AtzeAtzebi Sujiwo melakukan pembagian makanan dari olahan ikan kepada anak-anak TK.

Kegiatan kampanye ini adalah upaya sistematis dan struktur yang diinisiasi Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dengan melibatkan seluruh elemen baik pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan dengan tujuan sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Sungai Raya, Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Selasa (10/3/2020).

Bupati Kubu Raya, Muda mengatakan Anak-anak dan ibu mengandung pun akan paham bahwa ikan adalah pangan yang sangat sehat maka dari itu untuk mengkonsumsi ikan akan berjalan dengan lancar apabila dilakukan dengan konsisten dan massif di setiap satuan pendidikan usia dini.

“Dan mereka akhirnya betul-betul akan menggemari ikan. Karena ikan ini tidak mengandung bahaya, Tidak ada pembesaran ikan yang memakai suntik sehingga benar-benar sangat menyehatkan  ikan juga kaya gizi sangat baik dalam pencegahan gagal tumbuh tubuh dan otak atau stunting”, Ungkapnya.

Muda juga menjelaskan, Untuk pencegahan stunting kita memiliki strategi yang disebut  system kepung bakol dan juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan  dan pemerintahan desa sehingga setiap pukesmas telah mempunyai USG portable yang bias mengetahui indikasi sejak dini sehingga dengan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan dapat berlangsung efektif dan efisien.

Sumber