Wabup Kubu Raya: Sujiwo Karhutlah Tanggung Jawab Bersama

178

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE mengapresiasi Polres Kubu Raya, yang telah berinisiasi menyelenggarakan Rakor Penanggulangan Karhutla.

rakor penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama lembaga, serta pimpinan perusahaan, di Mapolres Kubu Raya, Jalan Alteri Supadio Kubu Raya, Rabu (26/2/2020).

Karhutla adalah tantangan dan PR kita semua. Pemerintah, TNI, Polri, perusahaan-perusahaan, masyarakat dan semua elemen, jika bisa kita satukan, saya yakin dan percaya, Karhutla dapat kita tanggulangi, ”imbuhnya.

Sujiwo menerangkan, persoalan kebakaran lahan merupakan tantangan dan tanggung jawab bersama, sehingga penanganggulangannya perlu dilakukan secara serius dan bersama-sama.

Perusahaan tidak boleh tutup mata terkait penanggulangan Karhutla ini. Upaya dari perusahaan untuk menanggulangi Karhutla memang ada, namun masih ada ruang untuk dapat dimaksimalkan dan ditingkatkan upayanya.

Menurut Sujiwo, selama ini seakan-akan tanggung jawab untuk penanggulangan Karhutla hanya ada pada TNI/Polri, karena ada sanksi tegas dan jelas terhadap TNI/Polri, padahal seharusnya penanggulangannya merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Saya tahu persis, bagaimana TNI/Polri yang tak pernah lelah menanggulangi Kerhutla ini. Hanya saja untuk dukungan operasional saja, mereka harus cari ke mana-mana. Ini tidak boleh terjadi kedepannya,” terang Wabup Sujiwo.

Sumber